Sejarah

Selasa, 01 Oktober 2013

PENERIMAAN YUNIOR PASSUS DAN SERAH TERIMA JABATAN PASSUS

Sabtu,  28 September 2013 ekstrakurikuler  PASSUS  mengadakan kegiatan PYP, dimana kegiatan ini  ditujukan untuk yunior PASSUS tahun angkatan 2013/2014. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan diri,  melatih mental, dan jiwa kepemimpinan peserta.

Kegiatan ini  diikuti oleh 48 siswa, terdiri dari 9 peserta putra dan 39 putri. Acara ini dimulai pada pukul 13.45 WIB yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kembangsawit yaitu Drs. Ah. Yani Musthofa, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau  menyampaikan pesan bahwa, “Kekerasan sudah tidak zaman lagi. Jika memang ada kekerasan, janganlah berlebihan. Jadikan kekerasan itu sebagai suatu hal yang bersifat mendidik serta menjadikan disiplin bagi peserta itu sendiri. Jangan untuk menganiaya atau menyakiti seseorang karena hal yang mungkin bersifat pribadi. Sekitar 5 tahun yang lalu, ada kejadian seorang murid di MAN Kembangsawit yang menjadi korban kekerasan, dimana dia terluka pada bagian tangannya. Ditakutkan hal itu termasuk kedalam pelanggaran HAM dan urusannya menjadi lebih rumit. Oleh karena itu, jika masih ada kekerasan dan sampai menyakiti orang lain, maka Bapak Kepala Madrasah juga akan turun tangan’’. Jadi, pendidikan yang hanya mengandalkan kekerasan secara berlebih itu tentu tidaklah patut dicontoh. Zaman sekarang sudah beda dengan zaman dahulu. Perlindungan HAM sudah banyak dibuat dalam UU dan akan semakin lebih diperketat dalam pengaplikasiannya.

Dalam acara ekstra Passus ini, menurut beberapa peserta PYP, acara ini sangat menyenangkan, seru, selain itu acara ini juga bisa menjadi ajang untuk menjaga kekompakan antar peserta. Kegiatan demi kegiatan mereka lalui. Banyak wawasan dan pengetahuan lebih tentang pramuka yang mereka dapatkan. Awalnya mereka berfikir bahwa ekstra ini mengandalkan kekerasan belaka, tetapi setelah mereka mengikuti kegiatan ini mereka semakin termotivasi untuk terus mengikuti latihan rutin.
Pada acara PYP ini terdapat lima pos dalam pengembaraan yang dimulai pada pukul 15.30 WIB. Berikut data pos dalam bengembaraan yang telah dilaksanakan :
1.      POS 1 yaitu Pos Pemberangkatan
2.      POS 2 diisi dengan Sharing
3.      POS 3 yaitu materi Tongkat
4.      POS 4 dan 5 diakhiri dengan Istirahat


Pada hari kedua kegiatan PYP ini, Minggu, 30 September 2013 dilaksanakan serah terima jabatan senior PASSUS dari tahun angkatan 2012/2013 ke tahun jabatan 2013/2014. Dengan susunan inti sebagai berikut:

      1.      Dewan PA      : Joko Susilo
      2.      Dewan PI        : Tsamrotul Qolbiyah
      3.      Sekretaris 1     : Rochmad Arifin
      4.      Sekretaris 2   : Fatku Rohmah
      5.      Bendahara 1  : Nindy Nur Iza T
      6.      Bendahara 2  : Septiana Dwi P.S
Semoga kakak-kakak inti baru bisa menjadikan Passus lebih baik dari sebelumnya. Ganbatte!!!
Setelah serah terima jabatan dilanjutkan dengan Apel Penutupan yang dipimpin oleh pembina PASSUS yaitu Bapak Suharwedi S.Pd. dalam sambutannya beliau berpesan kepada senior bahwa “mengemban amanat sebagai senior sangat berat/harus betul-betul menerima dengan ikhlas. Tanpa dilandasi dengan keimanan dan keikhlasan maka, semuanya akan percuma . ekstra ini merupakan inti dari kegiatan kepramukaan. Anggota PASSUS harus menjadi seorang yang baik dan displin, kalau perlu ada seksi yang bisa mendidik para anggota PASSUS. Setelah acara ini, lingkungan Madrasah harus bersih. Anggota PASSUS harus menjadi contoh, jangan pacaran, manjauh dari larangan Allah SWT dan manusia yang bertakwa. Semoga acara ini bermanfaat bagi semua aggota PASSUS dan kita semua. Aamiiin...
SALAM PASSUS!!!
BERSAMA KITA BISA!!!!!




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar