Sejarah

Minggu, 07 September 2014

Semangat Penerimaan Anggota Baru Ekstrakurikuler MANKESA bagian 2


Peserta PAB MANKESA melewati "jaring laba-laba."
KEMBANGSAWIT. Hari kedua Penerimaan Anggota Baru (PAB) Gabungan Ekstrakurikuler MAN Kembangsawit (7/9/2014) di awali dengan salat subuh berjemaah di mushola MAN Kembangsawit. Kelelahan mulai nampak pada wajah peserta PAB karena dini harinya mereka melaksanakan navigasi yang bertujuan untuk memantapkan materi yang didapat pada hari pertama. Tetapi, para peserta justru menikmati kegiatan tersebut.


Muchsin, peserta PAB dari ekstrakurikuler KIR, saat dimintai pendapat oleh tim jurnalistik MANKESA tentang acara navigasi PAB mengaku mengeluhkan peserta yang lain yang mulai berkurang semangatnya. “Cukup seru tetapi ada kekurangannya, yaitu, dari pesertanya yang kurang banyak dan kurang bersemangat,” tuturnya. Meskipun begitu, dia yang sejak awal mengikuti PAB merasa dapat  menarik hikmah dari acara tersebut. “melatih kedisiplinan dan kebersamaan dalam satu angkatan dan bisa juga melatih kekompakan antara peserta satu dengan yang lain,” tangkasnya.

Berbeda lagi dengan Nadya, peserta PAB dari ekstrakurikuler teater, bahwa dia merasa tertantang. “Seru, menarik dan saya tertantang mengikutinya,” ujarnya. Dia dituntut oleh panitia untuk berdisiplin waktu.

Pada pukul 05:00 para peserta PAB digiring ke lapangan futsal MAN Kembangsawit guna mengikuti acara selanjutnya, yaitu senam pagi. Mereka melakukan pemanasan tubuh dengan diiringi musik. Kemudian para sarapan di lapangan futsal bersama-sama.

Kegiatan yang  tidak kalah seru adalah outbond. Permainan yang disiapkan khusus oleh panitia PAB ini mendapat respon positif dari para peserta. Mereka melaksanakan kegiatan tersebut dengan antusias dan diiringi gelak tawa.  Permainan yang dilaksanakan dalam outbond tersebut meliputi memasukan paku ke dalam botol bersama-sama, estafet air, dan jaring laba-laba. “Gimana, ya? Seru, hihihi...saya tidak bisa menjelaskan bagaimana tapi seru! Rame anak-anak (peserta PAB, red),” kata Novia, peserta PAB dari ekstrakurikuler PMR. Dia merasa lelahnya menghilang saat mengikuti kegiatan tersebut. “Seru pokoknya!” tangkasnya.

PAB MAN Kembangsawit di tutup dengan apel penutupan. Dalam apel tersbut dilaksanakan pula pelantikan susulan PMR WIRA MAN Kembangsawit angkatan X tahun ajaran 2014/2015. Apel penutapan PAB tersebut ditutup oleh Dra. Siti Nuril Rowiyah selaku Waka Kesiswaan. Beliau menyampaikan kembali tujuan diselenggarakanny PAB ini kepada seluruh peserta apel. “PAB ini bertujuan untuk semua siswa kelas X mengetahui apa saja ekstrakurikuler di sekolah kita. Kegiatan PAB ini pula dapat mengefisienkan waktu, tenaga, dan biaya,” kata beliau di sesi pemberian amanat. Acara penutupan berlangsung lancar dan kidmat. Seusai apel penutupan acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang kultum, outbond, dan peserta teraktif.

Namun, dari sudut pandang panitia, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. “Alhamdulillah sukses acaranya, tapi yang saya sayangkan peserta banyak yang berkurang. Misalnya saja dari ekstrakurikuler teater, data awal ada 46 peserta tetapi ketika acara dimulai ternyata hanya 23 yang hadir,” keluh Febri, panitia PAB seksi keamanan. Dia juga berpendapat persiapan dari panitia di beberapa acara kurang maksimal. “Ketika pensi, MC pensinya dadakan. MC cowok dan ceweknya jadi acaranya kurang meriah dari panitia. Kalau ada acara lagi sebaiknya persiapannya lebih baik lagi,” tuturnya.

Penerimaan Anggota Baru (PAB) Gabungan Ektrakurikuler MAN Kembangsawit merupakan kegiatan dari program kerja Madrasah di bidang Kesiswaan. Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu, 6 September 2014 berlangsung selama dua hari di MAN Kembangsawit. Kegiatan ini diikuti oleh 89 peserta, terdiri dari ektrakurikuler PMR, KIR, Teater, dan Jurnalistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar