Sejarah

Senin, 06 Oktober 2014

Semarak Perayaan Hari Raya Idhul Adha 1435 H MANKESA

Penampilan Peserta Lomba Nasyid dalam Rangka Perayaan Hari Raya Idhul Adha 1435 H
KEMBANGSAWIT Senin (06/10) di MAN Kembangsawit, diadakan berbagai lomba memperingati hari Raya Islam yaitu Idul Adha 1435 H. Ada 4 macam lomba yang diadakan, yaitu lomba musik nasyid, lomba memasak, lomba pidato Bahasa Jawa, dan lomba adab makan. Pada pukul 06.30 WIB, dilakukan penyembelihan sapi kurban yang masing-masing kelas perwakilan 1 orang untuk menyembelih hewan kurban bersama bapak-bapak guru MANKESA. Kurban yang disembelih adalah seekor sapi yang merupakan hasil pengumpulan infaq sukarela warga Mankesa yang dikelola oleh OSIS selama dua bulan terakhir ini.

Setelah selesai penyembelihan, pada pukul 08.00 WIB lomba dimulai. Mulai dari lomba musik nasyid, memasak, dan pidato Bahasa Jawa. Lomba musik nasyid diadakan di depan kelas X IIS 1 atau XD. Untuk lomba memasak diadakan di area parkir motor sebelah barat. Sedangkan lomba pidato Bahasa Jawa diadakan di Masjid. Peserta lomba memasak berbahan dasar daging sapi di dominasi oleh para siswa putri Mankesa. Beraneka jenis makanan dibuat, mulai dari makanan berat, seperti dendeng, tumis daging sapi, hingga nuget. Itu semua merupakan kreasi para peserta sendiri.

Lomba pidato Bahasa Jawa dan lomba musik nasyid sangat bervariasi sehingga menambah kesan manis dalam acara ini. Setelah lomba memasak selesai akhirnya di teruskan untuk lomba adab makan, di sini siswa harus tahu bagaimana cara-cara makan yang baik. untuk lomba makan sendiri, siswa siswi diberi waktu 5-7 menit untuk setiap peserta. Sedangkan para siswa maupun siswi yang tidak mengikuti lomba adab makan, makan siang bersama di kelas masing-masing. Selesai semua acara, para siswa siswi membersihkan kelas. Selesai membersihkan kelas para siswa siswi sholat dhuhur berjamaah. Dengan adanya lomba ini, para siswa siswi diharapkan tau pentingnya akan berkurban dan membuat para siswa menjadi lebih aktif lagi.

Pada hari sebelumnya, Minggu (05/10) telah diadakan sholat Ied di masjid Mankesa. Setelah itu kegiatan beralih ke Balai Desa Palur Kec. Kebonsari untuk melaksanakan bakti sosial. Kegiatan ini berupa pembagian 50 paket sembako kepada warga sekitar dan menyumbang seekor kambing ke Dusun Gandek Desa Palur Kec. Kebonsari. 50 paket sembako yang dibagikan merupakan sumbangan dari para siswa sedangkan kambing yang dikurbankan merupakan sumbangan dari bapak/ibu guru Mankesa. Kegitan Bakti Sosial dalam rangka perayaan Idhul Adha 1435 H di Balai Desa Palur disambut langsung oleh Suryono selaku sekretaris desa dan mendapat sambutan baik dari warga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar