Sejarah

Sabtu, 20 September 2014

Give the Best, be Quality, be Smart MANKESA part 1



KEMBANGSAWIT. Sabtu, 20 September 2014 OSIS MAN Kembangsawit mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diikuti oleh  seluruh pengurus OSIS dan inti organisasi ekstra, diantaranya ekstra Passus, PMR, KIR, Jurnalistik, Pramuka, dan Teater. Sesuai dengan tema yang diusung, Give the Best, be Quality, be Smart MANKESA, kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusias peserta LDK.


Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB, dibuka oleh Ibu Waka Kesiswaan yaitu Dra. Siti Nuril Rowiyah, yang akrab disapa dengan Bu Nuril. Di sesi sambutan beliau mengingatkan pentingnya LDK kepada para peserta. “Kita dikumpulkan dalam  ruangan ini tidak lain untuk mendidik kalian yaitu mengikuti kegiatan LDK. Di sini kalian dididik dan dilatih untuk menjadi seorang pemimpin di dalam organisasi di madrasah ataupun di masyarakat nanti, dan ini ditujukan bukan untuk memberi manfaat kepada madrasah namun juga ditujukan kepada diri kalian masing-masing dan bersyukurlah kalian, karena telah terpilih menjadi peserta LDK, bukan sembarang orang yang dapat berkumpul dan mendapatkan pelatihan ini,” ujar beliau.

Kemudian kegiatan inti dimulai, yang pertama pemberian materi keadministrasian. Kegiatan ini diisi oleh Bu Herlin Rachmawati, S.Pd. Beliau menyampaikan keadministrasian  ada dua hal, Kesekretariatan dan Kebendaharaan.
Kesekretariatan meliputi :
1.      Buku agenda surat masuk
2.      Buku agenda surat keluar
3.      Buku tamu
4.      Buku pembinaan
5.      Buku notula rapat
6.      Buku ekspidisi
7.      Buku investaris barang
8.      Buku peminjaman barang
9.      Ordner  tempat surat mmasuk
10.  Ordner  tempat surat keluar
11.  Ordner  tempat laporan
Kebendaharaan meliputi :
1.      Buku kas umum
2.      Buku bantu kas
Semua itu bertujuan untuk mendukung jalannya keadministrasian dalam sebuah organisasi sehingga akan memudahkan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban di akhir kegiatan.

Setelah ishoma, yang berlangsung pada  pukul 17.45 – 19.00 WIB, dilanjutkan materi surat-menyurat dari Bapak Imron Rosidi, S.Pd.I. Beliau mengajarkan bagaimana cara membuat surat yang tepat dan efisien, seperti, logo harus sesuai dengan kepala surat, semakin banyak tanda tangannya, maka surat itu semakin tidak kuat, dan perihal dengan isi surat harus sesuai. Di akhir penyampaian materi beliau berharap kepada peserta LDK agar membenahi perihal surat-menyurat yang kurang tepat selama ini.Setelah ini, saya harap kedepannya kalian dapat memperbaiki surat-surat sebelumnya yang kurang tepat dari kegiatan LDK ini, pungkasnya.

Kegiatan selanjutnya Materi kepemimpinan pada pukul 20.45 WIB. Materi ini disampaikan oleh Bapak Andik Setiawan, S.Th.I, M.Pd.I. Beliau  menyampaikan materi dengan dua cara, yaitu permainan dan lisan. Untuk permainan, beliau memberikan permainan yang dapat melatih kerja otak, baik otak kanan maupun otak kiri. Selain itu beliau juga permainan yang dapat melatih memunculkan jiwa kepemimpinan pada diri masing-masing perserta LDK. Untuk lisan, beliau menjelaskan apa manfaat organisasi, mengapa perlu diadakannya LDK, pemimpin yang baik bagaimana dan masih banyak lagi. Untuk menjelaskan itu semua, beliau juga menggunakan materi tertulis yang ditampilkan di layar proyektor agar memperjelas makna-makna dan materi yang disampaikan.
Manfaat berorganisasi adalah sebagai berikut :
1.      Cari pengalaman
2.      Belajar berorganisasi
3.      Memberikan manfaat untuk orang lain.
4.      Mengisi waktu luang.
5.      Mencari teman.
6.      Mempertajhankan idealisme
7.      Optimalisasi masa studi
8.      Mengubah cara berpikir
9.      Exsistensi diri
“Mengapa LDK ini perlu diadakan? karena untuk menjadi seorang pemimpin, tidak saja dibutuhkan bakat, tetapi juga dibutuhkan kemampuan dan keahlian yang dilatih sejak muda. Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan yang tegas dan sudah diperhitungkan meskipun berisiko,ujarnya.

Demikian itu adalah serangkaian acara inti hari pertama dari kegiatan LDK yang diadakan di MAN Kembangsawit. Para peserta LDK bersemangat mengikuti kegiatan kali ini. Banyak pelajaran dan hal-hal baru mereka peroleh. “LDK tahun ini sangat menyenangkan, lebih seru daripada LDK tahun lalu, banyak pengalaman yang diperoleh sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk membina organisasi kedepannya,” komentar Avina Utari, salah satu peserta LDK.

LDK MAN Kembangsawit diagendakan berakhir pada Minggu 21 September 2014. Sampai diturunkan berita ini kegiatan masih berlangsung sesuai jadwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar